Penjelasan Lengkap Air Dua Kulah Menurut Pandangan Agama

BERAPAKAH AIR DUA KULAH ITU ?

Perbedaan pendapat tentang air dua kula
XmartBlog. Ada yang berpendapat air 2 kulah itu identik atau setara dengan (191,25 kg). Jika kurang dari itu maka masih dilarang untuk digunakan sebagai mandi janabat. Dalil yang menyertainya adalah sbb : “Apabila air itu telah mencapai 2 kulah maka tidak akan membawa kotoran/najis.” (HR. Ahmad, Abu Dawud, At Tirmidzi, An Nasa’i, Ibnu Majah, dll. Hadits ini dinilai shahih oleh sejumlah ulama seperti Asy Syafi’i, Ahmad dll) Demikian terima kasih, Wassalam wr wb
Apa Yang Dimaksud Dengan Air Dua Kulah?Pertanyaan : apakah yang dimaksud dengan air dua kulah  ? Yang dimaksud air dua kulah yaitu air yang jumlahnya jika dihitung dengan satuan liter :1. menurut Imam al-Nawawi, 2 kulah itu sama dengan 174,580 liter. Ukuran baknya panjang  55,9 cm, lebar 55,9 cm dan tinggi 55,9 cm. 2. menurut Imam al-Rafi’i, 2 kulah itu sama dengan 176,245 liter. Ukuran baknya panjang  56,1 cm, lebar 56,1 cm dan tinggi 56,1 cm.
       

Kalau airnya tak mengalir, memang harus banyak. Ia terhitung banyak jika memenuhi minimal 2 'kulah'. Jika dihitung dengan satuan liter, ada beberapa pendapat : (a) menurut al-Nawawi, 2 kulah itu sama dengan 174,580 liter (55,9 cm kubik); (b) menurut al-Rafi'i, sama dengan 176,245 liter (56,1 cm kubik); dan (c) menurut Imam al-Bagdadi, 2 kulah sama dengan 245,325 liter (62,4 cm kubik). Hal ini dinyatakan langsung dalam hadist yang artinya “Apabila air itu mencapai dua qulah niscaya tidak akan terpengaruh dengan suatu najis” (HR. Ibnu Hibban)
 Menurut Syafi'iyah, air dua qulah dengan ukuran luas/besarnya bak (tempat tampungan air) adalah Menurut Syafi'iyah, air dua qulah dengan ukuran luas/besarnya bak (tempat tampungan air) adalah  1,25 zira' (panjang) x 1,25 zira' (lebar) x 1,25 zira' (tinggi). Atas dasar ukuran yang demikian, untuk membandingkan ukuran air dua qulah dari perkiraan zira' ke perkiraan centimeter terdapat dua pandangan, yakni pandangan yang mengatakan ukuran 1 Asbu' = 1,925 cm dan yang kedua pandangan yang mengatakan ukuran 1 Asbu' 2,00 cm.
Jika ukuran 1 zira' adalah Jika ukuran 1 zira' adalah 24 Asbu', maka panjang 1 zira' dengan centimeter menurut pandangan pertama adalah 46,2 cm, dan menurut pandangan ke dua adalah 48 cm.
Jadi ukuran 2 qulah menurut masing-masing pandangan di atas adalah: Jadi ukuran 2 qulah menurut masing-masing pandangan di atas adalah:1.     Air dua qulah menurut pandangan pertama adalah 57, 75 cm x 57,75 cm x 57, 75 cm = 192.599,8 cm. Jika dihitung dalam liter menjadi 192,599 liter, ( karena 1 liter = 1.000 cl)
Pandangan ini hampir serupa dengan pendapat Shahib Kitab Maklumat yang menyatakan ukuran dua qulah dengan Pandangan ini hampir serupa dengan pendapat Shahib Kitab Maklumat yang menyatakan ukuran dua qulah dengan 190 liter.
2.     Air dua qulah bagi pandangan yang ke dua adalah 60 cm x 60 cm x 60 cm = 216.000 cm atau 216 liter.
Dari dua uraian di atas, pendapat yang ke dua cenderung lebih kuat dari yang pertama. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya literatur yang menetapkan ukuran air dua qulah dengan standar demikian. Di antaranya Sirajuddin Abbas, Muhaammad Rifa'
Sementara Abdurrahman Al Jaziry yang menetapkan ukuran hasta sebesar Sementara Abdurrahman Al Jaziry yang menetapkan ukuran hasta sebesar 48 cm, konsekwensinya menetapkan ukuran air dua qullah sesuai dengan patokan yang kedua tersebut.
Air dua qullah dengan ukuran berat adalah Air dua qullah dengan ukuran berat adalah 500 rithal. 1 rithal jika dibandingkan dengan ukuran dirham adalah 128 4/7 Dirham, dan jika dibandingkan dengan ukuran gram maka berat satu rithal adalah 432 gram atau 0,432 kg . dan jumlah air 2 qullah dengan kilogram adalah 216 kg,
Perhitungannya 500 Rital x 0,432 kg = 216 kg.
Jadi kesimpulan ukuran air dua qulah dilihat dengan berbagai bentuk ukuran adalah sebagai berikut:
Perhitungannya 500 Rital x 0,432 kg = 216 kg. Jadi kesimpulan ukuran air dua qulah dilihat dengan berbagai bentuk ukuran adalah sebagai berikut:1.     60 cm x 60 cm x 60 cm.
2.     216.000 cm³.
3.     216 liter.
4.     216 kg.
500 Rithal Bagdad.UKURAN AIR DUA QULLAH (KULAH) DALAM LITER
Para ulama kontemporer kemudian mencoba mengukurnya dengan besaran zaman sekarang. Dan ternyata dalam ukuran masa kini kira-kira sejumlah 270 liter. Demikian disebutkan oleh Dr. Wahbah az-Zuhaili dalam Al-Fiqhul Islami Wa Adillatuhu.

Jawwad Azka atau yang mempunyai nama lengkap Jawwad Azka Karim Adalah seorang blogger, pegiat sosial media, aktivis jurnalistik, desainer grapis, dan siswa sebuah sekolah menengah atas ( tahun 2015 – 2018 ). Lahir di Ciamis, Jawa Barat Indonesia beliau merupakan putera ketiga dari sebuah keluarga sederhana dan religius yang tinggal  jauh dari keramaian dan gemerlap sebuah kota.

Riwayat pendidikan formalnya bermula dari sebuah sekolah dasar. Meskipun tidak mengambil sekolah tingkat Taman Kanak Kanak (TK), tidak menjadikan beliau tertinggal diantara teman temannya. Justru beliau mampu membuktikan meskipun tidak melalui TK terlebih dahulu, beliau bisa berprestasi yang dibuktikan dengan meraih peringkat pertama ( satu ) di kelasnya secara berturut turut sampai kelas 2 Sekolah dasar.

Dan pada kelas 3, Beliau dan keluarganya pindah rumah dikarenakan orangtuanya pindah tugas dinas sehingga sekolahnya juga ikut berpindah. Berlanjut dikelas 3 beliau memutuskan masuk ke salah satu MI ( Madrasaha Ibtidaiyah ) yaitu sebuah sekolah setingkat sekolah dasar namun memiliki kelebihan yang ditambah dengan beberapa pelajaran agama yang lebih diunggulkan.

Lulus dikelas 6 MI dengan NEM ( Nilai Ebstanas Murni ) atau Nilai UN tertinggi disekolahnya menjadi semakin lengkap prestasi yang dia raih selama masa kanak kanak. Melanjutkan sekolah ke sebuah Madrasah lagi tingkat menengah pertama yakni MTs ( Madrasah Tsanawiyah ) merupakan pilihan yang dia inginkan untuk mempertahankan dalam mendapatkan asupan lebih mengenai pemahaman dan pelajaran mengenai agama.

Lagi lagi setelah lulus dari MTs beliau kembali masuk ke salah satu Madrasah Favorit setingkat sekolah menengah atas yang ada di daerahnya yaitu MA ( Madrasah Aliyah ) nomor satu MAN 1 CIAMIS. Saat ini pada ( 2017 ) beliau sedang mengampu di kelas 3 sekolah tersebut..

Semasa kecilnya, beliau sudah menyabet prestasi secara beruntun di sekolahnya misalnya selalu masuk kategori juara 1,2,3 di kelasnya dan begitu menginjak tingkat menengah atas beliau kembali berprestasi di bidang non akademik, seperti juara 1 pidato bahasa arab antar kelas dan juara 2 Olimpiade MIPA – PAI di salah satu sekolah di kabupaten ciamis.

Previous
Next Post »
0 Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Sopan.
Komentar yang anda kirim tidak boleh mengandung unsur unsur.
1. Komentar spam atau sampah.
2. Pornografi dan kekerasan.
3. Link aktif dan sejenisnya.

Ketik dan Tulislah kata kata yang bermanfaat saja.
Karena Damai Itu Indah ! Salam XmartBlog.